Contoh Pidato Tentang Keutamaan Orang Yang Sabar

Contoh Pidato Tentang Keutamaan Orang Yang Sabar -Assalamu'alaikum wr. wb. Selamat datang di blog AsukhaKom. Pada kesempatan yang baik ini saya akan membagikan sebuah pidato tentang Keutamaan Orang Yang Sabar.

Contoh Pidato Tentang Keutamaan Orang Yang Sabar

Hadirin yg dimuliakan sang Allah SWT. Seorang muslim harus memiliki akhlak kenabian yaitu Akhlakul Karimah. Selama kita nir memiliki budi pekerti yang baik, maka belum Ia pada katakan beriman, galat satu dari sekian poly Akhlakul Karimah adalah Sabar. Lantaran sabar adalah ciri orang yg beriman misalnya sabda Nabi pada hadistnya terkait menggunakan kesabaran :

Asshabaru minassabirin ( sabar adalah bagian berdasarkan iman)
Hadirin?

Sabar merupakan kekuatan

Baca Juga: Contoh Pidato Tentang Adab Kepada Kedua Orang Tua

Teman-teman sekalian…

Sayyidina Ali bin Abi Thalib berpesan:

“Seseorang tidak boleh takut kecuali pada dausa, tidak boleh berharap kecuali pada Tuhannya. Jika belajar tidak boleh malu seandainya tidak tau. Dan ketahuilah bahwasanya sabar dalam menghadapi segala masalah seperti kepala di badan, lalu jika kepala itu terlepas dari badannya, maka rusaklah badan tersebut. Demikian juga jika sabar terlepas dari suatu urusan maka rusaklah urusan itu.

Hadirin?

Untuk mengukur sejauh mana kadar ke imanan dan kesabaran seseorang maka Allah lalu melimpahkan suatu ujian.

Firman Allah surat Al-Ahzab ayat 17 yang bunyinya :

قُلْ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَعْصِمُكُمْ مِّنَ اللّٰهِ اِنْ اَرَادَ بِكُمْ سُوْۤءًا اَوْ اَرَادَ بِكُمْ رَحْمَةً ۗوَلَا يَجِدُوْنَ لَهُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلِيًّا وَّلَا نَصِيْرًا

Artinya : “Siapakah yang dapat melindungi kamu dari (ketentuan) Allah jika dia menghendaki bencana atas mu atau menghendaki rahmat untuk dirimu? Mereka itu tidak akan mendapat perlindungan penolong selain Allah.

Maasyiral muslimin rahimakumullah…

Orang yang mampu belajar dan menghadapi ujian dan cobaan maka derajat kemuliaannya ditinggikan oleh Allah SWT. Sabar yang dimaksud adalah bertahan dalam iman dan islam, dan tidak mengeluh dalam merasakan cobaan yang tidak menyenangkan itu.

Allah mencintai kita, maka di ujinya terlebih dahulu, dengan ujian yang menimpa pada seseorang, maka haruslah kita terima penuh kesabaran. Bila seorang mendapat cobaan kemudian dihadapi dengan rasa benci, maka kemurkaan Allah yang akan menimpa.

Sabar dalam patuh kepada Allah SWT harus dalam istiqamah atas keteguhan hati, tidak lupa bahwa hidup ini sementara dan suatu saat nanti semua akan dikembalikan kepadanya.

Baca Juga: Tanya Jawab Tentang Rukun Iman dan Rukun Islam

Hadirin Sekalian…

Ada sebuah kisah diriwayatkan di dalam shahih Al-bukhari:

Bahwa ketika Rasulullah SAW melewati seorang wanita yang sedang ziarah kubur dan menjaga dikuburan itu maka Rasulullah bersabda :

“Bertakwa kepada Allah dan bersabarlah”.

Maka wanita itu membentaknya dan berkata “engkau tidak mendapatkan musibah seperti aku, maka diamlah.!!!”

Sang Nabi yang pemaaf dan berhati mulia, manusia yang paling sopan dan ramah pun terdiam dan sabar, kemudian meninggalkan wanita itu, itulah Rasulullah SAW.

Kemudian datanglah seorang dan berkata “taukah kamu siapa yang telah kau bentak tadi?” wanita itu menjawab “dia adalah seseorang yang menasehatiku karena ia tidak mendapat musibah seperti aku” Orang itu berkata “dia adalah Muhammad Rasulullah SAW”.

Maka wanita tadi pun menangis dan menjerit sambil mengejar rasul, ketika wanita itu sampai dirumah nabi ia berlutut dan berkata “maafkan aku wahai Rasul” sang Nabi senyum seraya bersabda :

“Sesungguhnya sabar itu dipermulaan musibah”.

Jika ingin bersabar hendaknya dari tadi, sehingga tidak perlu meminta maaf, demikian perkataan Rasulullah SAW.

Hadirin?

Demikian indahnya Nabi Muhammad SAW semoga menjadi teladan bagi kita semua.

Dari pembahasan tadi dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu :

  1. Sabar adalah satu ciri-ciri orang yang beriman.
  2. Orang yang mampu belajar sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan maka derajat akan ditinggikan oleh Allah SWT.
  3. Sabar adalah suatu kekuatan yang mampu menghalangi seseorang melakukan kemaksiatan.

Marilah kita berfikir tentang kehidupan dan hikmah ilahi yang terdapat didalamnya, dengan kesabaran dan berwaras diri, Insya Allah kita akan diberikan kekuatan dan kita dimudahkan menjadi hamba-hambanya yang thaat dan diridhai Allah SWT.

Demikian yang dapat saya sampaikan lebih dan kurang saya minta maaf.

Ada yang beda ada yang sama

Ada ceroboh ada teliti

Sabar dan iklas adalah utama

Untuk hilangkan

Orang yang sabar

Aqulu qauli hada Wassalamu’alaikum wr. wb.

Sekian Untuk postingan kali ini semoga berkah dan ada mamfaatnya. Terimakasih...☺☺☺

Wassalam...

Contoh Pidato Tentang Keutamaan Orang Yang Sabar Contoh Pidato Tentang Keutamaan Orang Yang Sabar Reviewed by Abang Nji on May 10, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.